Senin, 18 Mei 2009

Open Office Tekhnologi Informasi dan Komunikasi

Prepared by Ridha Akmali – P2I LIPI 1 - 1
BAB I :Membuat dan Menyimpan
Dokumen Sederhana
Pada Bab ini anda akan mempelajari cara :
Ø Menggunakan tombol toolbar dan menu
Ø Membuat dokumen baru
Ø Mengedit dokumen dan memperbaiki kesalahan
Ø Menyisipkan, mengganti dan menghapus teks
Ø Membatalkan dan mengulang perubahan
Ø Memberi nama dan menyimpan dokumen
Ø Export ke file PDF
Ø Membuka dan membuat duplikasi dokumen
Jika anda sudah terbiasa membuat dokumen dengan menggunakan Microsoft
Words, maka bukanlah hal yang sulit bagi anda untuk mempelajari bagaimana
cara membuat dokumen dengan menggunakan Open Office Writer, karena
hampir semua fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Words telah dimiliki oleh
Open Office Writer. Selain itu tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan
Microsoft Words.
Anda dapat dengan mudah untuk membuat dokumen baru, mengedit,
menyisipkan, menghapus dan mengganti teks. Anda juga akan belajar cara
membuka dokumen, mengatur dokumen, memeriksa ejaan dan tata bahasa
serta mengedit kesalahan. Anda bahkan juga dapat dengan bebas untuk
berpindah dari satu dokumen teks ke aplikasi lain dari Open Office.
Pada bab ini, anda juga dapat mengetahui cara melakukan membatalkan dan
mengulang perubahan dan membuat backup file untuk dokumen yang
penting. Selain itu beberapa fasilitas tambahan yang disediakan akan
memberikan kemudahan bagi anda, antara lain fasilitas untuk export ke file
PDF dan extension lainnya.
Bagian 1 : Open Office Writer
  • Memulai Open Office Writer
Open Office Writer dalam dijalankan dengan dua cara, yaitu :
Word Processor
new
1. Melalui Menu Aplications | Office | Word Processor
2. Dari Open Office, tekan menu File | New | Text Document
atau tekan tombol New , pilihText Document
Saat memulai dengan Open Office Writer, maka akan tampil sebuah dokumen
kosong pada jendela yang memuat baris menu dan toolbar untuk
mempercepat dan mempermudah anda dalam membuat sebuah dokumen.
Baris menu akan menampilkan daftar perintah dan toolbar akan menampilkan
tombol-tombol dalam baris horizontal yang setiap tombol memiliki gambar
yang sesuai dengan fungsinya.
Baris Judul Terletak pada baris paling atas dari window Open Office Writer. Teksnya
berisikan nama dokumen yang sedang aktif dan nama perangkat lunak.
Baris Menu Berada pada baris kedua dan berisikan menu pulldown Open Office Writer.
Toolbar Standar Berisi kumpulan tombol yang bertujuan untuk mempermudah penggunaan
Open Office Writer. Menekan salah satu tombol pada toolbar umunya sama
dengan memilih beberapa perintah dalam Menu Bar.
Toolbar Formatting Berisi kumpulan tombol untuk mengatur format dari dokumen, seperti
pengaturan jenis , style, ukuran huruf dan jenis perataan dokumen.
Ruler Elemen pembantu untuk mengatur margin dan tab dari dokumen aktif. Ruler
yang mendatar disebut Horizontal Ruler dan yang berdisi disebut Vertical
Ruler.
Area Teks Terletak dibagian tengah window. Area ini merupakan tempat pengetikan
dokumen.
Status Bar Bagian paling bawah dari aplikasi Open Office Writer, yang memberikan
informasi mengenai dokumen yang aktif, jumlah halaman, status penyisipan
kata, dan lain-lain.
Scroll Bar Bagian yang berfungsi untuk menggulung tampilan layar dokumen ke atas
atau ke bawah (Vertical Scroll Bar) maupun ke kiri atau ke kanan (Horizontal
Scroll Bar).
Scroll Bar
Ruler Area Teks
  • Membuat dan Menyimpan Dokumen Sederhana
Menggunakan Tombol Toolbar dan Menu
Ada tiga cara perintah dalam Open Office Writer, yaitu :
Ø Melalui Baris Menu
Ø Melalui Toolbars
Ø Melalui Hotkeys (Shortcut Keyboard); yaitu perintah singkat / cepat
dengan menekan 1 atua lebih tombol keyboard, contoh : CTRL + S yang
berfungsi untuk menyimpan file aktif.
Open Office Writer dilengkapi dengan berbagai macam toolbar yang
menyediakan tombol-tombol pengganti instruksi/perintah yang sering
digunakan untuk mempercepat dan mempersingkat pekerjaan.
Toolbar standar
Standard Toolbars terdiri dari tombol-tombol yang sering digunakan mulai dari
pembuatan dokumen, penanganannya hingga pada pencetakannya.
  • Formatting toolbars
Formating Toolbars terdiri dari tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur bentuk dan ukuran huruf, pengaturan peralatan (alignment), penomoran, pemformatan style, indentasi, dan sebagainya.

Sebagai latihan menggunakan tombol toolbar, lakukan latihan berikut :
new
1. Pada toolbar standar, tempatkan pointer diatas tombol New. Klik tanda
panah bawah pada tombol New, akan menampilkan menu pilihan
aplikasi Open Office.
2. Pilih salah satu aplikasi. Untuk latihan pilih Text Document yang akan
membuka sebuah jendela baru dari Open Office Writer.
Dengan hasil yang sama tetapi melalui perintah pada baris menu, lakukan
latihan berikut :
1. Pada Menu File | New
2. Pilih salah satu aplikasi, yang akan membuka sebuah jendela baru.
Catatan :
Untuk membuka atau membuat aplikasi apapun dapat dilakukan dari aplikasi apa
saja. Misalkan jika anda sedang bekerja dengan sebuah Text Document dalam Open
Office Writer dan ingin membuat sebuah dokumen Spreadsheet, anda dapat lakukan
dengan menekan tombol new, dan pilih Spreadsheet. Dengan melakukan aksi ini,
maka akan tampil sebuah jendela baru dari Open Office Calc.
  • Membuat dan Menyimpan Dokumen Sederhana
Menampilkan toolbar yang tersembunyi
Toolbar yang tampil pada dokumen awal adalah toolbar standar dan toolbar
formatting yang terdiri dari tombol-tombol yang sering digunakan, tetapi masih
ada beberapa tombol dari toolbar ini yang tidak ditampilkan. Untuk
menampilkan tombol-tombol yang tersembunyi ini lakukan cara berikut :
more buttons
1. Pada bagian ujung kanan disetiap toolbar (standar dan formatting),
terdapat tombol dengan gambar anak panah kebawah (drop-down),
bawa pointer ke tombol ini.
2. Klik tombol drop-down, dan pilih Visible Buttons
3. Tombol-tombol dengan tanda checklist berarti sudah terdapat di
toolbar, sedangkan tombol tanpa tanda cheklist berarti tombol tersebut
masih tersembunyi.
4. Untuk meletakkan tombol tersembunyi tersebut pada toolbar, klik
tombol yang dimaksud.
Menambahkan toolbar pada jendela
Selain toolbar standar dan toolbar formatting, anda juga bisa menambahkan
toolbar lain yang disediakan oleh Open Office Writer. Ada banyak jenis toolbar
yang disediakan diantaranya toolbar untuk mengatur Drawing, Picture, Bullet
and numbering, Align, Form, Frame, Table, Text dan lain sebagainya.
Anda dapat menambahkan toolbar ke jendela kerja melalui menu View |
Toolbar. Akan tampil menu pendek yang berisi daftar toolbar yang dapat
dipilih.
Membuat dan Mengedit Dokumen Sederhana
Untuk memulai sebuah dokumen sederhana, anda dapat mulai mengetik pada
lembar dokumen kosong seperti menggunakan Microsoft Word.
Dasar pembuatan dokumen
Sebelum melakukan pengetikan, harus dipahami beberapa tombol khusus
yang memliki fungsi operasi tertentu :
Tombol Keterangan
¿ (Enter) Mengakhiri paragraf dan memulai paragraf baru, atau membuat
satu baris kosong atau lebih diantara paragraf. Jangan
menggunakan tombol ini untuk memisahkan baris dalam satu
paragraf. Dengan adanya fasilitas word-wrap, teks secara
otomatis akan pindah ke baris awal baris berikutnya setelah anda
mencapai akhir baris dalam satu paragraf.
Tab memajukan insertion satu tanda tab ke depan.
¬­®¯ (Tombol Panah) memindahkan pointer ke posisi baru dalam dokumen
CTRL + ¬ berpindah ke kata sebelumnya
Bagian 1 : Open Office Writer
1 - 6
CTRL + ® berpindah ke kata berikutnya
CTRL + ­ bergerak ke paragraf sebelumnya
CTRL + ¯ bergerak ke paragraf berikutnya
Backspace menghapus satu karakter ke kiri
CTRL + Backspace menghapus satu kata ke kiri.
Del menghapus satu karakter ke kanan
CTRL + Del menghapus satu kata ke kanan
Insert memberikan dua pilihan antara modus sisip (insert) dan modus
tindih (overtype). Jika anda melihat tulisan OVR pada baris
status berarti anda sedang menggunakan modus Overtype.
PgUp memindahkan pointer satu halaman ke atas
PgDn memindahkan pointer satu halaman ke atas dan ke bawah
CTRL + HOME berpindah ke awal halaman
CTRL + END berpindah ke akhir halaman
Lakukan latihan ini dengan mengetikkan teks berikut :
Applicantion Office tekan Enter
Setelah membaca buku ini diharapkan anda dapat mengetahui dasar-dasar untuk
bekerja dengan Open Office. Jika Anda telah terbiasa bekerja dengan Microsoft Office
maka tidaklah terlalu sulit bagi anda untuk bekerja dengan Open Office.
tekan Enter
AutoSpellCheck
Catatan :
Garis merah bergelombang dibawah kata menunjukan fungsi AutospellCheck sedang
aktif. Kata dengan garis merah gelombang dibawahnya menunjukkan bahwa kata
tersebut salah pengejaannya (dalam bahasa Inggris). Untuk mengaktifkan dan
mengnon-aktifkan fungsi ini tekan tombol AutoSpellCheck.
Memperbaiki kesalahan
SpellCheck
Latihan berikut adalah untuk memperbaiki kesalahan eja yang ditandai
dengan garis merah bergelombang dibawah teks :
1. Bawa pointer pada kata yang ditandai garis merah bergelombang
( Applicantion)
2. Klik kanan pada mouse, akan menampilkan beberapa pilihan kata-kata
dengan ejaan yang benar.
3. Pilih kata Application untuk mengganti dan memperbaiki ejaan yang
salah.
4. Atau gunakan tombol SpellCheck untuk memperjelas kesalahan eja
dan memperbaikinya.
Menghapus teks
Untuk menghapus teks dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan :
  • Membuat dan Menyimpan Dokumen Sederhana
Ø klik tombol Delete untuk menghapus teks disebelah kanan titik sisip, atau
Ø klik tombol Backspace untuk menghapus teks disebelah kiri titik sisip.
Menyisipkan kalimat ke dalam paragraph
Latihan berikut adalah untuk menyisipkan sebuah kalimat tambahan kedalam
paragraph yang telah anda buat.
1. Tempatkan pointer pada awal kalimat Setelah membaca buku dan
ketikkan Bagian ini akan membahas dasar-dasar penggunaan Open
Office.
2. Tekan spacebar satu kali untuk memisahkan kalimat.
Mengganti teks dalam kalimat
Untuk mengganti teks yang telah anda ketikkan ikuti latihan berikut :
1. Bawa pointer pada awal kata Bagian di awal paragraph.
2. Highlight kata Bagian dengan menggeser pointer
3. ketikkan Buku. Teks Bagian akan berubah menjadi Buku.
Menghapus kata
Untuk menghapus kata dalam kalimat, lakukan langkah berikut :
1. Ketikkan kalimat berikut : Ayo Mengenal Open Office, tekan Enter
2. Klik dua kali pada kata Ayo.
3. Tekan tombol Delete, teks Ayo akan terhapus.
Hasil latihan anda akan tampak sama seperti ilustrasi berikut
Membatalkan dan mengulang perubahan
Perubahan yang telah dilakukan pada dokumen dapat dibatalkan dengan
menggunakan tombol Undo pada toolbar standar. Selain itu anda juga dapat
mengulang perubahan setelah melakukannya dengan menggunakan tombol
Redo pada toolbar standar.
Ø Tombol Undo akan membatalkan tindakan terakhir yang anda lakukan.
Ø Tombol Redo akan mengulang tindakan pembatalan yang baru saja
dilakukan.
Tombol Redo hanya aktif jika anda pernah menggunakan tombol undo.
Anda dapat berlatih menggunakan tombol Undo dan Redo dengan mengikuti
latihan berikut :
Undo
Redo
1. Tempatkan pointer pada paragraph akhir. Highlight teks Open Office.
2. Tekan tombol Delete
3. Tekan tombol Undo pada toolbar standar
4. Tekan tombol Redo pada toolbar standar, kemudian tekan kembali
tombol undo.
Sekarang anda dapat melihat perubahan yang dibatalkan dan pengulangan
perubahan
Membatalkan dan mengulang semua perubahan
Anda dapat membatalkan lebih dari satu atau semua tindakan, dan dapat juga
mengulang lebih dari satu atau semua perubahan. Untuk membatalkan
beberapa tindakan klik panah drop-down pada tombol Undo atau Redo. Anda
dapat memilih tindakan-tindakan yang akan dibatalkan. Untuk membatalkan
semua tindakan, highlight seluruh tindakan yang ada pada daftar, kemudian
klik dengan mouse.
Hampir semua perintah pada Writer dapat dibatalkan kecuali perintah
membuat, membuka, menyimpan dan mencetak dokumen.
Menyimpan Dokumen
File dokumen yang telah dibuat dengan menggunakan Open Office Writer jika
disimpan akan memiliki extensi .odt sebagai defaultnya. Selain itu juga dapat
disimpan kedalam format Microsoft Word, html, text dan format lainnya.
Latihan berikut adalah untuk menyimpan dokumen sederhana yang sudah
dibuat.
Save
1. Pada toolbar standar klik tombol Save.
2. Untuk menyimpan file pada folder yang baru, klik pada Browse for
other folders, akan tampil jendela Save yang berikutnya.
3. Klik tombol Create Folder untuk membuat folder baru
4. Pada kotak Name, ketikkan nama folder Latihan Writer, seperti pada
gambar dibawah ini
Bab 1 : Membuat dan Menyimpan Dokumen Sederhana
1 - 9
3. Setelah mengetikkan nama folder baru, tekan Enter.
4. Klik dua kali pada folder Latihan Writer, sehingga folder ini aktif
5. Pada kotak Name yang paling atas, ketik Latihan1.
6. Klik Save untuk menyimpan dan menutup kotak dialog Save.
Menutup dokumen
Untuk menutup dokumen, dapat dilakukan dengan klik tanda silang diujung
kanan atas window atau lakukan hal berikut :
1. Klik menu bar File | Close
2. Bila muncul pesan seperti dibawah ini :
Folder aktif
Nama Folder
Baru
Nama File
3. Klik Tombol Save.
Tombol Discard untuk menutup dokumen tanpa menyimpan perubahan pada
dokumen. Tombol Cancel untuk batal menutup dokumen.
Export file
Anda dapat membuat file PDF atau XHTML melalui fasilitas yang disediakan
oleh Open Office Writer.
Latihan berikut adalah untuk export file .odt ke file .pdf
1. Klik Menu File | Export atau Export as PDF, akan tampil kotak dialog
Export
2. Klik pada pilihan File type:PDF – Portable Document Format(.pdf),
akan tampil daftar pilihan type file
3. Pada daftar, default tipe file adalah PDF, tetapi dapat anda ganti
dengan format lain yang disediakan.
4. Pada kotak Name, isikan nama file Latihan1 untuk format PDF.
5. Klik Save untuk memulai export file kedalam format PDF.
Membuka dan Membuat Dokumen Duplikasi
Dokumen yang telah anda buat dapat anda buka kembali dengan menekan
tombol Open pada toolbar standar. Anda dapat mengedit dokumen yang telah
anda buka.
  • Membuat dan Menyimpan Dokumen Sederhana
Membuka dokumen yang telah disimpan
Lakukan latihan berikut untuk membuka file Latihan1 yang telah anda simpan.
Open
1. Pada toolbar standar, tekan tombol Open, atau menu File | Open.
2. Pilih folder tempat file yang akan dibuka tersimpan (folder Latihan
Writer).
3. Setelah folder Latihan Writer aktif, pada daftar nama-nama file akan
terlihat file yang sudah disimpan sebelumnya.
4. Pilih file Latihan1.odt, klik tombol Open. Dokumen Latihan1 akan tampil
pada jendela.
Membuat dokumen duplikasi
Untuk mengamankan file yang asli atau untuk membuat backup atas
dokumen penting, anda dapat membuat duplikasi dari file yang asli. File
duplikasi ini harus anda simpan dengan nama yang berbeda dari file yang
asli.
Save As Untuk membuat file dengan nama baru, lakukan langkah berikut :
1. Pada toolbar standar tekan tombol Save As, atau menu File | Save
As.
2. Pada Name, ketikkan Intro
3. Klik Save
BAB II :Teks dan Paragraph
Pada Bab ini anda akan mempelajari cara:
Ø Memilih tampilan untuk bekerja dalam dokumen
Ø Memotong, menyalin dan menempelkan teks
Ø Mengubah tampilan teks
Ø Menambahkan efek pada teks
Ø Mengubah paragraph dan spasi
Ø Menerapkan aturan paragraph tambahan
Ø Membuat indent
Ø Membuat drop caps, border dan bayangan pada paragraph
Pada bab ini anda akan mempelajari cara untuk cut, copy dan paste teks dan
juga copy teks dan paste pada file yang berbeda. Anda juga akan
mengetahui bagaimana cara mengatur format-format yang berlaku pada teks
dan paragraph dengan mengunakan mouse dan tombol toolbar. Anda juga
dapat memilih tampilan layout untuk dokumen anda serta mencoba tampilan
layar lainnya.
Selain itu anda juga dapat belajar dan berlatih menerapkan beberapa efek
tambahan dari teks sehingga teks akan telihat lebih bagus. Dengan
mempelajari aturan tambahan paragrah seperti indent dan spacing maka
anda juga dapat mengatur dokumen sesuai dengan keperluan anda. Untuk
lebih meningkatkan tampilan dokumen, pada bab ini anda juga akan belajar
cara membuat drop caps, border dan bayangan pada paragraph.
  • Memilih Tampilan Dokumen
Open Office menyediakan beberapa view atau tampilan layar disaat anda
sedang bekerja dengan dokumen. Untuk mengubah tampilan dapat anda
pilih dari menu View. Print Layout merupakan default tampilan saat anda
bekerja. Web Layout akan memperlihatkan bagaimana dokumen anda jika
akan ditampilkan pada browser web. Tampilan Full screen akan membuat
dokumen anda memenuhi jendela.
Untuk memilih tampilan layar , ikuti langkah-langkah berikut :
1. Klik menu View
2. Pilih jenis tampilan yang diinginkan ( Print Layout , Web Layout atau
Full Screen)
  • Mengatur tampilan pada layar
Zoom
Anda bisa memperbesar atau memperkecil tampilan halaman dokumen anda
pada layar jendela dengan menggunakan tombol Zoom pada toolbar standar
atau dari menu View | Zoom. Saat anda membuat dokumen baru, ukuran
yang digunakan adalah 100%.
Ketika anda menekan tombol Zoom, akan tampil kotak dialog Zoom yang
berisi 9 buah zoom factor yang dapat dipilih. Untuk latihan anda dapat
mencoba semua ukuran zoom untuk melihat perbedaannya.
Memilih Teks (Blok Teks)
Sebelum melakukan editing teks pada naskah, yang pertama harus
dilakukan adalah memilih atau memblok pada teks yang akan diedit. Proses
ini disebut proses selecting atau memilih yang menggunakan mouse atau
keyboard.
Memilih dengan mouseUntuk memilih LakukanBeberapa atausejumlah teks
Letakkan pointer diawal teks yang akan dipilih, tarik mousesampai ke akhir teksSatu kata Klik dua kali pada kataSatu atau lebihbaris teksLetakkan pointer diawal baris, tarik mouse sampai teksterakhir dari baris terakhir yang akan dipilih.Satu kalimat Tekan dan tahan tombol Ctrl dan klik mouse disembarangtempat pada kalimat yang dipilih.satu paragraph Klik tiga kali di sembarang tempat pada paragaraph yangdipilih.
  • Teks dan Paragraph
Memilih dengan keyboard
Untuk memilih Lakukan
Kata Letakkan pointer pada awal kata, tekan SHIFT + CTRL + à
Baris Letakkan pointer pada awal baris, tekan SHIFT + END
Beberapa baris Letakkan pointer pada awal baris, tekan SHIFT + ¯
Paragraph Letakkan pointer pada awal paragraph, tekan SHIFT + CTRL

Dokumen Tekan CTRL + NUMLOCK 5
Memotong, Menyalin dan Menempelkan Teks
Anda dapat memotong sebagian teks atau paragraph untuk kemudian
memindahkannya kesembarang tempat pada dokumen yang sama atau ke
dokumen lain. Anda juga dapat menyalin teks atau paragraph yang sama ke
sembarang tempat di dokumen dengan menggunakan tombol cut, copy dan
paste.
Memotong dan menempelkan teks
Cut
Paste
Save
Latihan berikut adalah untuk memindahkan teks dari paragraph pertama ke
paragraph yang lain dengan menggunakan tombol cut dan paste.
1. Pada file Intro.odt
2. Tambahkan teks berikut pada paragraph baru
Open Office merupakan paket Office lengkap yang kompatibel dengan
Microsoft Office dan berisi aplikasi-aplikasi sebagai berikut :
3. Tekan Enter, sekarang anda sudah memiliki 4 buah paragraph.
4. Pada paragraph pertama, letakkan pointer dan blok teks Application.
5. Tekan tombol cut pada toolbar atau melalui menu Edit | Cut. Bisa
juga anda lakukan dengan klik kanan mouse dan klik cut.
Teks Application yang telah terpilih tadi akan hilang dari dokumen. Teks ini
tidak hilang dan dapat ditampilkan kembali.
6. Bawa pointer ke akhir paragraph awal setelah teks Office. Tekan
spacebar
7. Tekan tombol Paste pada toolbar atau melalui menu Edit | Paste,
atau bisa juga dengan klik kanan mouse dan klik Paste.
8. Jangan lupa untuk menekan tombol Save untuk menyimpan
perubahan pada dokumen.
Hasil perubahan akan tampak seperti ilustrasi berikut
Bagian 1 : Open Office Writer
2 - 4
Menyalin dan menempelkan teks ke dokumen lain
copy
paste
Latihan berikut adalah untuk menyalin dan menempelkan teks yang disalin
ke dokumen yang lain.
1. Bawa pointer ke awal paragraph ketiga mulai dari awal teks Mengenal
Open Office. Klik mouse dan tekan terus hingga paragraph akhir.
Lepaskan mouse, akan tampak paragraph yang terpilih sudah terblok.
2. Tekan tombol Copy pada toolbar atau melalui menu Edit | Copy, atau
dengan klik kanan mouse dan pilih Copy.
3. Buka dokumen latihan1, bawa pointer ke paragraph baru.
4. Tekan tombol Paste pada toolbar atau melalui menu Edit | Paste,
atau bisa juga dengan klik kanan mouse dan klik paste.
Paragraph dari file Intro yang sudah di copy sekarang juga dimiliki oleh file
Latihan1.
Cara untuk cut, copy dan paste
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan cut,
copy dan paste. Untuk paste hanya dapat dilakukan jika sudah dilakukan
tindakan cut atau copy.
Jika belum ada teks yang dipilih , maka tombol cut dan copy tidak dapat di
klik. Tombol cut dan copy pada toolbar hanya dapat aktif dan bisa di klik jika
sudah ada teks yang dipilih (blok).
Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan tindakan cut, copy dan paste.
Ø Dengan menekan tombol Cut, Copy atau Paste pada toolbar standard.
Ø Melalui menu View, kemudian klik Cut, Copy atau Paste
Ø Dengan klik kanan mouse, pilih menu Cut, Copy atau Paste
Ø Dengan menggunakan tombol short-cut, yaitu tombol Ctrl - x untuk cut,
tombol Ctrl - c untuk copy dan tombol Ctrl - v untuk paste.
Mengubah Tampilan Teks
Tampilan teks yang telah anda buat dapat dimodifikasi dengan memberikan
  • Teks dan Paragraph
format pada teks dari toolbar standard. Atribut format yang paling sering
digunakan adalah menebalkan, cetak miring dan memberi garis bawah pada
teks.
Selain itu anda juga dapat merubah ukuran dan tipe font, serta dapat
memberikan aksi warna pada font sehingga dokumen anda akan tampak
lebih cerah.
Berikut ini format karakter yang dapat dilakukan pada Open Office Writer,
yaitu:
1. Membuat karakter menjadi : Bold, Italics, Single (continous) underline,
Word Only (not space) Underline, Double Underline, Dotted Underline,
Strikethough, SMALL CAPITALS, ALL CAPITALS, ataupun Hidden.
2. Membuat karakter Superscript dan Subscript seperti 2X2 untuk Superscript
dan H2O untuk Subscript.
3. Menentukan besarnya spasi atau jarak antar karakter,
E x p a n d e d dan Condensed.
4. Mengubah bentuk huruf dan ukurannya.
Format tebal, cetak miring dan garis bawah
Style Bold, Italic
dan Underline
Latihan berikut ini akan mengubah tampilan teks pada dokumen anda
1. Letakkan pointer pada judul teks Office Application.
2. Pada toolbar formatting, pilih tombol Bold, kemudian pilih tombol
Italic. Untuk memilih style font, bisa juga dengan klik kanan mouse,
pilih menu Style dan pilih bold dan italic.
3. Kemudian klik dimana saja diluar teks terpilih.
Anda bisa mellihat perubahan teks dengan format tebal dan cetak miring.
Modifikasi font
Latihan berikut akan membuat perubahan font pada dokumen anda
drop-down
font-type
drop-down
font-size
1. Letakkan pointer pada awal paragraph pertama dan blok teks Office
Application.
2. Pada toolbar formatting, klik panah drop-down pada tipe font untuk
melihat pilihan tipe-tipe font yang tersedia. Atau bisa juga dengan klik
kanan mouse, pilih menu Font akan tampil daftar tipe font yang bisa
anda pilih
Daftar tipe font yang ditampilkan akan sesuai dengan nama dan bentuk
font yang sebenarnya untuk memudahkan anda memilih tipe font yang
sesuai.
3. Pilih Nimbus Sans L.
4. Pada toolbar formatting,klik panah drop-down pada font-size, akan
tampil daftar ukuran dari font yang disediakan. Atau bisa juga dengan
klik kanan mouse, pilih size akan tampil daftar ukuran font yang bisa
drop-down font-color di pilih.
5. Pilih ukuran 14 point, ukuran teks akan berubah menjadi lebih besar.
6. Pada toolbar formatting, klik panah drop-down pada font-color.
Akan tampil tabel yang menampilkan daftar warna-warna yang disediakan
untuk modifikasi font.
7. Pilih warna Red, teks sekarang telah berwarna merah. Klik
disembarang tempat untuk melihat hasil modifikasi.
Tekan Enter untuk memberi jarak dengan paragraph berikutnya. Sekarang
anda sudah mempunyai judul untuk dokumen anda, yaitu Office Application.
Hasil modifikasi teks seperti ilustrasi berikut.
Menambahkan efek pada teks
Selain format standard seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa
efek tambahan juga dapat diberikan pada teks untuk memberikan aksi pada
teks. Aksi pada teks ini biasanya akan bermanfaat ketika anda akan
mendesain halaman web.
Untuk menambahkan efek tambahan ini tidak disediakan pada toolbar
formatting, tetapi dapat anda temukan dari menu Format | Character.
Ketika anda memilih menu Format | Character, akan tampil kotak dialog
Character yang terdiri dari lima tab halaman.
Font Format tipe, style dan size dari font. Hasil format dapat langsung
terlihat pada kotak display.
Font Effects Untuk format efek tambahan dari font. Mengatur style dari garis
bawah, garis pada teks, warna, efek dan relief karakter.
Position Untuk format posisi, spasi dan rotasi dari font
Hyperlink Untuk mendesain halaman web, digunakan untuk memberikan
atribut identitas dari URL, nama dan target file. Serta format
style untuk karakter.
Background Untuk format warna pada dasar font.
Latihan berikut akan mengajak anda untuk bermain dengan format karakter.
1. Letakkan pointer pada judul teks Office Application.
2. Klik menu Format | Character, akan tampil kotak dialog Character
3. Pilih Tab Font Effects
Bab 2 : Teks dan Paragraph
2- 7
§ Pada drop-down Underlining, pilih Dash
§ Pada drop-down Effects, pilih Capitals
§ Pada drop-down Relief, pilih Embossed
4. Pilih Tab Background, pilih warna Pale Yellow
5. Klik OK, teks Office Application anda sekarang sudah memiliki efek
baru.
Anda dapat berlatih dengan mencoba efek-efek yang lain.
Mengubah Paragraph dan Spasi
Satu hal yang penting untuk meningkatkan penampilan dokumen anda
adalah pengaturan paragraph. Dengan mengatur paragraph anda dapat
merapikan halaman dokumen anda serta dapat memberi jarak spasi sesuai
yang anda inginkan.
Pengaturan spasi dalam Open Office Word dibasi atas dua bagian, yaitu
Spasi Paragraf dan Spasi Baris.
Spasi paragraph
Spasi paragraf (Paragraph Spacing) merupakan perintah pengatur jarak
antar paragraf dalam dokumen. Cara mengaktifkan fasilitas ini adalah :
Ø Klik menu bar Format | Paragraph, akan tampil kotak dialog Paragraph.
Ø Pada bagian Above pragraph tentukan besarnya jarak paragraf.
Sedangkan field Below paragraph adalah pengatur jarak setelah
paragraf. Dalam prakteknya, anda dapat menggunakan salah satunya
atau kedua-duanya.
Ø Klik OK.
Spasi baris
Spasi baris (Line Spasing) merupakan perintah pengaturan jarak antar baris
dalam dokumen. Jarak spasi dapat anda ubah sesuai keperluan dokumen.
Ada tiga ukuran jarak spasi yang dapat anda pilih, yaitu : spasi 1 (single) ,
spasi 1,5 dan spasi 2 (double). Default awal spasi adalah single
Untuk mengubah spasi dari paragraph, lakukan latihan berikut :
Line Spacing : 1
Line Spacing : 2
Line Spacing : 1,5
1. Letakkan pointer pada paragraph pertama, pada teks Buku ini,
2. Pada toolbar format, pilih spasi yang anda inginkan. Atau dengan klik
kanan mouse, pilih spasi single.
3. Letakkan pointer pada paragraph kedua, pada teks Mengenal Open
Office, pilih spasi double
4. Letakkan pointer pada paragraph terakhir, pada teks Open Office
merupakan, pilih spasi 1,5.
Anda dapat melihat perbedaan jarak spasi pada paragraph-paragraph di
halaman dokumen.
Cara lain adalah dengan menggunakan menu Format | Paragraph, yang
akan menampilkan kotak dialog Paragraph
Pada kotak dialog Paragraph, klik Drop-down List Line Spacing pilih
besarnya spasi yang anda inginkan yaitu :
Ø Single, membuat spasi tunggal.
Ø 1.5 lines, membuat spasi satu setengah.
Ø Double, membuat spasi ganda.
Ø Proportional, jika paragraf ini yang dipilih pada bagian kanan akan aktif
besarnya presentasi terhadap Single spasi.
Ø At least, membuat spasi terkecil yang dibutuhkan oleh Open Office
Writer terhadap perubahan ukuran Font maupun ukuran grafik.
Ø Leading, mengatur tingginya spasi yang disisipkan antara dua baris.
Ø Fixed, mengatur spasi baris yang akan disesuaikan dengan besarnya
kotak. Setting ini akan memotong karakter.
Mengubah perataan paragraph
Pengaturan letak teks adalah penting dalam pembuatan dokumen.
Pengaturan tersebut dinamakan Alignment. Dalam pengolahan kata dikenal
ada 4 jenis perataan paragraf diantaranya Align Left, Center, Align Right, dan
Justify. Perataan ini berhubungan dengan dengan posisi paragraph pada
margin kiri dan kanan halaman dokumen.
Ada empat tipe perataan paragraph, yaitu :
Tipe Perataan Keterangan
1. Align Left
Default dari perataan paragraph. Semua baris teks pada
paragraph akan diratakan ke arah margin kiri halaman. Dapat
diaktifkan dengan klik tombol Align Left atau menekan tombol
CTRL + L
2. Center
Membuat teks pada paragraph akan berada tepat ditengahtengah
halaman. Diaktifkan dengan klik tombol Center atau
menekan tombol CTRL + E
3. Align Right
Kebalikan dari align left, maka semua baris teks pada paragraph
akan diratakan ke arah margin kanan halaman.
Dapat diaktifkan dengan klik tombol Align Left atau menekan
tombol CTRL + R
4. Justified
Teks pada paragraph akan diratakan pada kedua sisi margin kiri
dan kanan. Dapat diaktifkan dengan klik tombol Align Left atau
menekan tombol CTRL + J
Ikuti latihan berikut untuk mengubah perataan paragraph
1. Letakkan pointer pada judul teks Office Application.
2. Pada toolbar formating, tekan tombol Center. Atau klik kanan mouse,
pilih alignment dan pilih Centered.
3. Letakkan pointer pada paragraph pertama, pada teks Buku ini, pilih
perataan kiri (justified)
4. Letakkan pointer pada paragraph ketiga, pada teks Mengenal Open
Office, pilih perataan kanan (align right)
5. Letakkan pointer pada paragraph terakhir, pada teks Open Office
merupakan, pilih perataan kiri (align left)
6. Jangan lupa untuk menekan tombol Save untuk menyimpan segala
perubahan pada dokumen.
Anda dapat melihat perbedaan pada masing-masing paragraph. Hasil
seperti diilustrasikan pada gambar berikut :
Perataan
Centered
Spasi Single,
Justified
Spasi Double,
Align Right
Spasi 1,5
Align Left
Mengatur Kolom Halaman
Open Office Writer juga memiliki fitur untuk memformat seluruh atau
sebagian dokumen dalam bentuk kolom/surat kabar.
Untuk mengubah jumlah kolom dokumen, ikuti langkah berikut
1. Blok seluruh teks (biasanya judul tidak)
2. Klik dari menu bar : Format | Columns.
3. Tentukan jumlah kolom dengan memilih jumlah kolom.
4. Jika menginginkan adanya garis antar kolom klik panah bawah pada
bagian Line, kemudian pilih tipe garisnya.
5. Klik OK untuk mengubah banyak kolom halaman. Untuk Latihan klik
Cancel saja.
Menerapkan Aturan Tambahan Paragraph
Selain mengatur jarak spasi dan perataan paragraph, beberapa aturan
tambahan paragraph dapat membuat tampilan dokumen anda lebih baik.
Mengatur indent
Indent digunakan untuk menempatkan paragraph pada halaman. Tiga jenis
1. Indent baris pertama
indent yaitu : Indent kiri (left indent) untuk memindahkan semua baris
paragraph ke arah kiri, indent kanan (right indent) untuk memindahkan
semua baris paragraph ke arah kanan dan indent gantung (hanging indent)
untuk memindahkan semua baris kecuali paragraph pertama.
Untuk membuat Indent bisa juga melalui toolbar formatting yaitu :
Ø Tombol Decrease Indent (indent kiri) untuk menggeser paragraph
setengah inci ke arah margin kiri,
Ø Tombol Increase Indent (indent kanan) untuk menggeser paragraph
setengah inci ke arah margin kanan.
Decrease
Indent
Increase Indent
Mengatur indent dari rules
Indent dapat diatur melalui rules yang disediakan. Untuk mengaktifkan dan
mengnon-aktifkan rules dapat diatur dari menu View | Rules.
Ada lima pilihan tipe ukuran rules, yaitu : milimeter, centimeter, inchi, point
dan pica. Anda dapat merubah tipe ini dengan membawa pointer ke rules,
kemudian klik kanan mouse.
Anda sekarang akan berlatih mengatur indent dengan menggunakan rules.
1. Klik pada paragraph pertama.
2. OpenBawa pointer pada rules, klik kanan mouse, pilih tipe ukuran
centimeter
3. Letakkan pointer pada paragraph awal
4. Geser tanda indent gantung pada rules ke angka 1 cm
5. Geser tanda indent baris pertama rules ke angka 2 cm
6. Geser tanda indent kanan pada rules ke angka 15 cm
Hasil seperti ilustrasi berikut, baris pertama akan maju hingga sejajar dengan
rules 2 cm, baris berikutnya sejajar pada rules 1 cm dan batas kanan
paragraph menjadi 15 cm
Untuk lebih jauh dengan pengaturan paragraph anda dapat menggunakan
menu Format | Paragraph, atau dengan klik kanan mouse dan pilih
paragraph. Akan tampil kotak dialog Paragraph yang terdiri dari 7 tab
halaman.
Indent gantung
Indent kanan
Bagian 1 : Open Office Writer
2 - 12
Tab Paragraph Keterangan
Indent &
Spacing
Untuk mengatur jarak indent (jarak antara paragraph dengan
batas margin kiri dan kanan halaman halaman), jarak
spacing antar paragraph (paragraph sebelumnya dan
sesudahnya)
Alignment Untuk mengatur perataan paragraph (align left, center, align
right dan justified)
Text Flow Untuk mengatur hyphenation(garis penghubung),
menyisipkan halaman baru pada dokumen dan pilihan
pengaturan paragraph lainnya
Numbering Untuk mengatur penomoran halaman dokumen
Tabs Mengatur jarak saat tombol tab ditekan
Drop Caps Memberikan aksi membesarkan character yang terpilih
Borders Memberikan border (garis batas) beserta atribut border
(warna, ketebalan, dan bayangan)
Spacing digunakan untuk memberi jarak antar paragraph. Spacing dapat
diatur untuk jarak diatas paragrap dengan paragraph sebelumnya (above
paragraph) dan jarak dibawah paragraph ke paragraph berikutnya (below
paragraph).
Latihan berikut akan mengajak anda untuk mengatur paragraph agar tampil
lebih rapi dengan mengatur jarak indent dan spacing pada paragraph.
1. Blok seluruh paragraph (tidak termasuk judul Office Application)
2. Klik Menu Format | Paragraph, pilih Tab Allignment, pilih options
Left.
3. Pindah ke tab Indents & Spacing
§ Set nilai pada bagian Indent - Before text menjadi : 0,50”
§ Set nilai pada bagian Spacing – Above paragraph menjadi 0,30”
§ pilih Line spacing Single
4. Klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog.
Membuat drop caps, border dan bayangan
Untuk memberi aksi yang lebih pada dokumen, anda dapat berlatih
menggunakan fasilitas Drop Caps. Ikuti latihan berikut
1. Bawa pointer pada paragraph pertama
2. Klik Menu Format | Paragraph, pilih tab Drop Caps
3. Aktifkan Checklist pada bagian Settings – Display drop caps
4. Set nilai Number of characters dengan 1 (default), untuk
menambahkan jumah karakter yang akan di drop caps anda dapat set
nilainya.
5. Set nilai Lines dengan 2 (defaultnya adalah 3), ini digunakan untuk
memberi jumlah baris yang akan dipakai untuk drop caps.
6. Set nilai Space to text dengan 0,20” (defaultnya adalah 0,00”). Ini
adalah jumlah jarak bayangan dari karakter yang akan di drop caps.
7. Untuk Character Style, anda dapat memilih pada menu drop-down
style yang anda inginkan. Pilih style Rubies
8. Klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog.
Latihan berikut adalah untuk memberikan border dan bayangan pada
paragraph.
1. Letakkan pointer pada sembarang teks di paragraph kedua
2. Klik Menu Format | Paragraph, pilih tab Borders.
§ Pada bagian Line arrangement - Default terdapat empat pilihan
border, pilih Set All Four Borders (pilihan kedua) untuk memberi
garis batas berbentuk kotak.
§ Pada bagian Shadow style – position, pilih style Cast Shadow to
Bottom right (pilihan kedua) dan pilih color Turquoise 7.
§ Pada bagian Line - Style pilih ukuran ketebalan garis 1,00 pt
3. Klik Ok untuk keluar dari kotak dialog.
4. Jangan lupa tekan tombol Save untuk menyimpan perubahan.
BAB II : Bullet-Nomor dan Tabel
Pada Bab ini anda akan mempelajari cara:
Ø Membuat daftar dengan bullet gambar
Ø Mengatur format penomoran
Ø Mengatur posisi bullet atau nomor
Ø Mencari dan mengganti teks
Ø Membuat penomoran berjenjang
Ø Membuat tabel baru
Ø Menyisipkan dan menambah baris baru
Ø Menambah kolom baru
Ø Modifikasi tbel
Ø Memberi judul tabel
Ø Mengatur format teks dan nomor pada tabel
Dalam membuat sebuah dokumen, mungkin anda memerlukan untuk
membuat sebuah daftar bernomor atau daftar dengan gambar. Pada bab ini
anda akan belajar cara membuat penomoran daftar otomatis serta membuat
daftar dengan bullet. Lebih jauh lagi, anda juga akan belajar untuk membuat
penomoran berjenjang yang biasanya digunakan untuk membuat daftar isi.
Anda juga akan belajar bagaimana cara menemukan teks pada dokumen
secara cepat dan bagaimana cara mengganti teks secara otomatis.
Untuk membuat dokumen yang terdiri dari banyak kolom dan baris anda
harus membuatnya dengan menggunakan tabel. Pada bab ini anda akan
belajar cara membuat tabel baru, menambah baris atau kolom baru pada
tabel, memformat teks dan nomor yang sesuai dengan keperluan anda serta
memberi judul tabel.
  • Membuat Daftar dengan Bullet dan Nomor
Untuk membuat sebuah daftar anda dapat menggunakan indent gantung
dengan menggunakan tombol bullet atau tombol numbering.
Numbering, untuk membuat teks bernomor. Bullets untuk membuat teks
bersimbol. Dalam pembuatannya teks diketik terlebih dahulu kemudian
diblok, klik tombol Number List atau Bullets List pada toolbars formatting.
Membuat daftar dengan bullet dari toolbar
Bullets On/Off
Spasi 1,5
Latihan berikut adalah membuat daftar dengan bullet gambar :
1. Letakkan pointer pada paragraph baru.
2. Pada toolbar formatting, tekan tombol Bullets On/Off, akan muncul
tanda bullet.
§ Ketik : Open Office Writer aplikasi pengolah kata yang kompatibel
dengan Microsoft Word. Dapat digunakan untuk membuat
dokumen text, HTML, XML , label, kartu nama dan lain-lain, tekan
Enter.
§ Ketik : Open Office Calc aplikasi spreadsheet yang kompatibel
dengan Microsoft Excel. Beberapa fungsi tambahannya akan
membuat anda lebih mudah membuat dokumen spreadshhet,
tekan Enter.
§ Ketik : Open Office Impress aplikasi presentasi yang kompatibel
dengan Microsoft PowerPoint, tekan Enter.
§ Ketik : Open Office Base aplikasi untuk perancangan basis data,
tekan Enter.
§ Ketik : Open Office Draw aplikasi untuk menggambar, tekan Enter.
§ Ketik : Aplikasi pendukung lain untuk pembuatan rumus-rumus
matematika, pembuatan halaman web, pembuatan label,
pembuatan business card, dukungan bahasa BASIC (dan bahasabahasa
lain) untuk mengembangkan macro dan lain sebagainya,
tekan Enter dua kali untuk mengakhiri pemberian bullet.
3. Blok seluruh baris yang mempunyai bullet, Pilih menu Format |
Paragraph
§ Pilih spasi 1,5.
§ Set nilai Indent – Before Text dan Spacing - Above Paragraph
dengan 0.00”
§ Klik OK
Membuat daftar dengan nomor dari menu baris
Membuat daftar berurutan juga bisa dari menu Format | Bullet and
Numbering.
Latihan berikut akan mengajak anda untuk membuat daftar bernomor dari
menu Format | Bullet and Numbering.
1. Tekan Enter dua kali untuk memberi jarak dengan paragraph
sebelumnya.
§ Ketik teks berikut : Berikut ini adalah beberapa fitur yang hadir
bersama Open Office: , tekan Enter
§ Ketik : Dapat berjalan pada banyak sistem operasi (multiplatform)
termasuk Windows dan Linux, tekan Enter.
§ Ketik : Lebih kompatibel dengan Microsoft Office, termasuk
aksesoris seperti Microsoft AutoShapes, tekan Enter.
§ Ketik : Menggunakan format dokumen yang terbuka (format
dokumen OASIS), yaitu format dokumen standar terbuka
berbasiskan XML, tekan Enter.
§ Ketik : Dukungan untuk Xforms (XML Forms) yang
direkomendasikan oleh W3C untuk pembuatan form sederhana,
tekan Enter.
§ Ketik : Pada Writer, kini mendukung count untuk teks terpilih,
pembuatan tabel di dalam tabel dan mail merge yang lebih
sempurna, tekan Enter.
§ Ketik : Pada Calc, jumlah baris kini mencapai 65536 baris dan
dukungan pivot table yang jauh lebih baik, tekan Enter.
§ Ketik : “Pada Impress, semakin banyak efek transisi dan animasi
yang disediakan.”, tekan Enter dua kali untuk mengakhiri
penomoran.
2. Blok mulai dari teks Dapat berjalan hingga teks terakhir.
Numbering
On/Off
3. Pilih Spasi 1
4. Pilih menu Format | Bullet and Numbering, tampil kotak dialog
Bullets and Numbering.
5. Pilih tab Numbering Type
6. Pilih kotak ketiga pada bagian atas, Klik Ok
Sekarang anda sudah memiliki sebuah daftar dengan nomor yang berurutan
sesuai dengan format yang dipilih. Hasil seperti ilustrasi berikut.
Mengatur format penomoran
Ada banyak model dalam memberikan penomoran antara lain menggunakan
angka, huruf, kapital, angka romawi dan lainnya.
Untuk pilihan bullet atau graphik, maka format yang diatur juga berbeda.
Format yang diatur pada tab options untuk nomor adalah :
Options Keterangan
Numbering untuk memilih model-model penomoran
Before untuk menyisipkan karakter sebelum nomor
After untuk memberikan karakter setelah nomor
Character style untuk memilih style dari karakter
Start at set nomor awal yang akan dibuat
Consecutive
Numbering
berlaku untuk bullet atau nomor dengan level bertingkat
(outline). Jika ini dipilih maka level tingkat dibawahnya akan
melanjutkan penomoran dari level diatasnya. Jika pilihan ini
diabaikan, maka level tingkat dibawahnya akan mulai dari
urutan satu.
Latihan kali ini akan mengajak anda untuk mengubah format nomor yang
sudah dibuat dengan menggunakan menu Format | Bullets and Numbering
pada tab terakhir (options).
Spasi 1,5
1. Blok baris-baris yang memiliki daftar nomor
2. Klik tombol Spasi 1,5 pada toolbar formatting.
3. Klik menu Format | Bullet and Numbering, pilih tab Options
§ Pada drop-down Numbering pilih i,ii,iii,...
§ Pada Before, isi dengan tanda [
§ pada After, isi dengan tanda ]
§ set nilai Start at dengan 1
§ Klik OK
Hasil latihan anda akan tampak seperti ilustrasi berikut
Mengatur posisi bullet dan nomor
Pada kotak dialog Bullets and Numbering terdiri dari enam tab halaman. Tab
1 sampai dengan tab 4 merupakan pilihan-pilihan model bullet dan nomor.
Tab 5 : Positon digunakan untuk mengatur posisi bullet/nomor dan teks yang
mengikutinya.
Beberapa posisi yang diatur adalah :
Position Keterangan
Indent Mengatur jarak antara bullet atau nomor
dengan margin kiri halaman
Spacing to text Mengatur jarak antara text dengan margin
kiri halaman, pengaturan ini hanya akan
terlihat jika terdiri lebih dari 1 baris
minimum space numbering <-->
text
Mengatur jarak antara bullet/nomor dengan
text pertama
Numbering alignment Mengatur perataan bullet/ nomor. Tersedia 3
pilihan perataan yaitu : left, center dan right.
Latihan berikut akan mengajak anda mengatur posisi bullet pada teks.
1. Letakkan pointer pada sembarang paragraph (area yang memiliki
daftar bullet).
2. Klik menu Format | Bullet and Numbering, pilih tab Position
§ set nilai indent : 1,00”
§ set nilai spacing to text dengan : 0,40”
§ set nilai Minimum space numbering : 0,00”
§ pilih Left untuk Numbering alignment
§ Klik Ok
Menghilangkan bullet dan nomor
Numbering
On/Off
Untuk menghilangkan bullet atau nomor dari daftar, lakukan cara ini :
1. Letakkan pointer pada baris yang bullet atau nomornya akan
dihilangkan. Jika terdiri lebih dari satu baris, blok baris yang
diinginkan.
2. Tekan tombol Bullets On/Off atau tombol Numbering On/Off pada
toolbar standar atau dari menu Format | Bullets and Numbering,
klik Remove.
Mencari dan Mengganti Teks
Jika anda ingin menemukan teks dengan cepat atau anda ingin mengganti
semua pemakaian teks tertentu anda dapat menggunakan fasilitas Find And
Replace. Anda bisa mengganti semua pemakaian teks yang ingin diubah
sekaligus atau anda juga dapat menolak penggantian teks secara satu
persatu.
Find & Replace
Untuk menemukan sebuah kata atau teks dalam dokumen anda dapat klik
tombol Find & Replace pada toolbar standar. Akan tampil kotak dialog Find
And Replace seperti gambar dibawah ini.
Bab 3 : Bullet-Nomor dan Tabel
3 - 7
Untuk menentukan jenis kriteria pencarian teks yaitu dengan mengklik opsiopsi
pencarian
Ø Match case : untuk mencari teks yang benar-benar sesuai dengan
kriteria pencarian, termasuk penggunaan huruf besar dan huruf kecil.
Ø Whole words only : untuk mencari seluruh kata yang mengandung kata
pada kriteria pencarian. Pencarian akan terus selama ada kata yang
mengandung kata yang dicari. Misalnya anda mencari kata format, maka
pencarian juga akan sampai pada kata formatting.
Mencari teks
Anda akan berlatih menemukan kata dokumen pada file Intro.odt
1. Klik tombol Find & Replace dari toolbar standar, akan tampil kotak
dialog Find & Replace.
2. Pada kotak Search for, ketik dokumen
3. Checklist pilihan Match case
4. Untuk mencari satu-persatu teks dokumen pada halaman, tekan Find.
Pada halaman setiap ketemu teks dokumen akan terblok untuk
memberi tanda teks yang ditemukan.
5. Untuk mencari semua teks dokumen, tekan Find All.
6. Klik OK untuk keluar dari pencarian
Untuk latihan pencarian anda dapat mencoba dengan kriteria yang lain.
Mengganti teks
Setelah teks yang dicari ditemukan anda dapat menggantinya secara
otomatis dengan fasilitas Find & Replace.
1. Klik tombol Find & Replace, akan tampil kotak dialog Find & Replace
2. Pada kotak Search for, ketik dokumen
3. Pada kotak Replace with , ketik file
4. Checklist pilihan Match case
Kriteria
Pencarian
Jenis pencarian
Klik tombol ini untuk kembali
ke kotak dialog Find &
Replace yang default awal
Bagian 1 : Open Office Writer
3 - 8
5. Untuk mengganti teks dokumen menjadi teks file secara satu persatu,
tekan Replace.
6. Untuk mengganti semua teks dokumen menjadi teks file, tekan
Replace All.
Membuat Penomoran Berjenjang (Outline Numbering)
Pada latihan sebelumnya anda sudah berlatih untuk memberi penomoran
pada sebuah daftar biasa, kali ini anda akan belajar cara membuat
penomoran yang berjenjang (outline numbering). Penomoran outline
biasanya digunakan untuk membuat dafatr isi dari buku, laporan atau skripsi
Latihan berikut akan mengajak anda untuk membuat sebuah daftar isi
dengan penomoran outline. Sebelumnya coba anda buat sebuah dokumen
baru.
new
1. Klik tombol New pada toolbar standar atau dari menu File | New, pilih
Text Document, akan tampil dokumen kosong pada jendela.
2. Ketik teks berikut :
Daftar Isi
Membuat dan Menyimpan Dokumen Sederhana
Mengedit Dokumen
Membatalkan Perubahan
Menyimpan Dokumen
Teks dan Paragraph
Mengubah Tampilan Teks
Memotong, Menyalin dan Menempelkan Teks
Mengubah Paragraph
Menambahkan Aturan Paragraph
Bullet-Nomor dan Tabel
Membuat Daftar dengan Bullet dan Nomor
Membuat Tabel
Mengubah Format Tabel
Spasi 1,5
3. Blok mulai dari baris kedua sampai baris terakhir (kecuali teks Daftar
Isi)
4. tekan tombol spasi 1,5 pada toolbar formatting.
5. Pilih menu Format | Bullets and Numbering, atau klik kanan mouse
pilih Numbering/Bullets. Pilih Tab Outline.
6. Pilih kotak pertama pada baris kedua, tekan OK.
Bab 3 : Bullet-Nomor dan Tabel
3 - 9
7. Letakkan pointer pada awal teks baris kedua, tekan tombol tab sekali
8. Ulangi langkah 7 untuk baris ke-3, 4, 6, 7, 8, 9, 11, 12, dan 13.
Dokumen anda akan tampak seperti ilustrasi berikut
Bold
Center
9. Blok teks Daftar Isi, tekan tombol Bold dan tombol Center pada
toolbar formatting.
10. Ubah ukuran font menjadi 15, klik disembarang tempat.
11. Letakkan pointer pada baris pertama, pada teks I.
12. Pilih menu Format | Bullets and Numbering, atau klik kanan mouse
pilih Numbering/Bullets. Pilih Tab Options.
Bagian 1 : Open Office Writer
3 - 10
13. Pilih pada drop-down Numbering : I, II, III
§ isi teks pada Before : BAB, tekan space bar satu kali
§ isi teks pada After dengan tanda titik (.)
14. Klik OK, sekarang anda sudah mempunyai sebuah daftar isi dengan
penomoran berjenjang.
Hasilnya akan tampak seperti ilustrasi berikut.
Save
15. Simpan file ini dengan menekan tombol Save, beri nama file
DaftarIsi .odt.
Membuat Tabel Baru
Jika anda ingin membuat dokumen yang terdiri dari banyak kolom dan baris,
anda dapat menggunakan fasilitas pembuatan tabel yang ada pada Writer.
Tabel terdiri dari kolom dan baris, anda dapat menyisipkan tabel ke dalam
dokumen dengan menggunakan menu Table | Insert | Table, atau dengan
menekan tombol drop-down Tabel pada toolbar standar.
Bab 3 : Bullet-Nomor dan Tabel
3 - 11
Sebagai latihan membuat tabel, anda akan membuat sebuah tabel tentang
daftar produk elektronik yang terdiri dari tiga kolom dan empat baris.
New
Tabel
1. Buat dokumen baru, tekan tombol New | Text Document.
2. Dari menu Insert | Table, akan muncul kotak dialog Insert Table.
§ Pada Name ketik : ProdukElektronik
§ Set nilai Size Columns : 3
§ Set nilai Size Rows : 4
3. Klik OK. Tabel kosong dengan 3 kolom dan 4 baris telah tampak di
layar anda dan siap untuk diisi.
Mengisi teks ke tabel
Pada latihan ini anda akan mengisi tabel dengan data seperti berikut
1. Membuat header tabel. Letakkan pointer pada kolom 1 baris 1
§ Ketik Nama Produk, tekan tombol tab untuk pindah ke sel tabel
berikutnya
§ Ketik Model/Type, tekan tombol tab
§ Ketik Harga, tekan tombol tab.
2. Mengisi baris kedua, letakkan pointer pada kolom pertama di baris
kedua.
§ Ketik Televisi 21 inchi, tekan tombol tab untuk pindah ke sel tabel
berikutnya
§ Ketik Quintrix F Series, tekan tombol tab
§ Ketik 2450000, tekan tombol tab dua kali
Bagian 1 : Open Office Writer
3 - 12
3. Mengisi baris ketiga
§ Ketik Refrigerator, tekan tombol tab.
§ Ketik GRH-240, tekan tombol tab
§ Ketik 2650000, tekan tombol tab dua kali
4. Mengisi baris terakhir
§ Ketik Mesin Cuci, tekan tombol tab.
§ Ketik Fuzzy 910 , tekan tombol tab
§ Ketik 1600000, tekan tombol panah bawah untuk keluar dari tabel.
Save
5. Simpan dokumen ini dengan menekan tombol Save, klik dua kali pada
folder Latihan Writer dan beri nama file tabelProduk.odt.
Layar anda akan tampak seperti ilustrasi berikut
Menyisipkan baris baru dalam tabel
Anda dapat menyisipkan atau menambah baris baru kedalam tabel. Baris
baru dapat anda sisipkan diantara baris yang sudah ada atau menambah
baris baru diakhri tabel.
Ikuti latihan berikut untuk menyisipkan baris baru.
1. Letakkan pointer pada sembarang sel di baris ketiga.
2. Pilih Menu Table | Insert-Rows, akan tampil kotak dialog Insert
Rows
§ Set nilai Amount : 1 . Ini adalah jumlah baris yang ingin anda
sisipkan.
§ Pilih Position : Before (menyisipkan baris baru diatas baris
sebelumnya)
3. Klik OK, baris baru kosong akan tampak diantara Televisi 21 inchi dan
Refrigerator.
4. Letakkan pointer pada baris baru
§ Ketik : DVD Player, tekan Tab
§ Ketik : Brinston 580, tekan Tab
§ Ketik : 900000
Hasil latihan menyisipkan baris baru ke dalam tabel akan tampak seperti
ilustrasi dibawah ini
Bab 3 : Bullet-Nomor dan Tabel
3 - 13
Menambahkan baris baru dalam tabel
Selain menyisipkan baris baru anda juga dapat menambah baris baru
kedalam tabel.
Ikuti latihan berikut untuk menambah baris baru.
1. Letakkan pointer pada sel terakhir tabel (kolom 3 - baris 5)
2. Tekan tab 1 kali, akan muncul baris baru pada akhir tabel yang bisa
anda isi.
§ Ketik : Monitor, tekan Tab
§ Ketik : Flatron 700G, tekan Tab
§ Ketik : 1500000, tekan tombol panah bawah untuk keluar dari
tabel
Save 3. Simpan dokumen ini dengan menekan tombol Save.
Menambahkan kolom baru dalam tabel
Anda dapat menambahkan atau menyisipkan kolom baru pada tabel. Latihan
berikut akan menambahkan kolom nomor pada tabel anda.
1. Letakkan pointer disembarang sel tabel pada kolom satu.
2. Pilih menu Table | Insert | Columns, akan tampil kotak dialog Insert
Columns
§ Set nilai Amount : 1 . Ini adalah jumlah kolom yang ingin anda
sisipkan.
§ Pilih Position : Before (menyisipkan kolom baru disebelah kiri
kolom sebelumnya)
Bagian 1 : Open Office Writer
3 - 14
3. Klik OK, kolom baru kosong akan tampak sebelum kolom Nama
Produk.
4. Ketik Nomor pada baris pertama di kolom baru.
Memberi nomor urut
Dengan memanfaatkan fasilitas numbering, anda dapat membuat
penomoran otomatis secara urut pada tabel anda.
Numbering
On/Off
1. Blok kolom pertama mulai dari baris kedua hingga keempat (tidak
termasuk header tabel)
2. Tekan tombol Numbering pada toolbar.
3. Atur lebar kolom dengan menarik garis ruler.
Tabel anda sekarang sudah mempunyai kolom dengan nomor urut seperti
ilustrasi berikut.
Bab 3 : Bullet-Nomor dan Tabel
3 - 15
Modifikasi Tabel
Anda perlu untuk memformat tabel agar terlihat rapi dan lebih baik. Banyak
hal yang bisa dilakukan, antar lain dengan mengatur lebar kolom, header,
perataan, format teks dan nomor dan lain-lain.
Mengatur lebar kolom dan tinggi baris
Tabel anda tampak tidak rapi karena lebar kolomnya tidak sesuai dengan isi
teks, untuk itu anda perlu mengatur lebar kolom atau tinggi baris agar tabel
terlihat rapi. Ikuti latihan berikut.
1. Mengatur lebar kolom Nomor.
§ Letakkan pointer pada garis antara kolom Nomor dengan kolom
Nama Produk hingga muncul tanda panah Adjust table column
(panah berkepala dua : kiri dan kanan),
§ Klik Mouse pada tanda panah tersebut hingga muncul garis
vertikal, tarik garis tersebut kearah kiri sesuaikan dengan lebar
kolom Nomor yang anda inginkan. Lepaskan mouse.
2. Mengatur lebar kolom Harga.
§ Letakkan pointer pada garis antara kolom Model/Type dengan
kolom Harga hingga muncul tanda panah Adjust table column.
§ Klik Mouse pada tanda panah tersebut hingga muncul garis
vertikal, tarik garis tersebut kearah kanan (seperti gambar diatas),
sesuaikan dengan lebar kolom Harga yang anda inginkan.
Lepaskan mouse.
3. Mengatur tinggi baris header.
§ Blok baris header tabel (baris pertama yang berisi header)
§ Dari bar Menu pilih Table | Autofit | Row Height, hingga muncul
jendela Row Height.
§ Set nilai Height dengan 0.50”. (seperti gambar dibawah ini).
Lepaskan mouse.
Tarik garis
tabel untuk
menyesuaikan
lebar kolom
Bagian 1 : Open Office Writer
3 - 16
Hasil latihan merubah tinggi baris header tabel, akan tampak seperti ilustrasi
dibawah ini
Mengatur format teks
Latihan kali ini, anda akan memformat header dan teks tabel
Centered
Background
Color
Font color
1. Untuk memformat header tabel, blok baris pertama tabel
§ Pada toolbar formatting tekan tombol Centered.
§ Pilih Font Nimbus Sans L dengan size 14
§ Pada BackGorund Color, pilih warna yellow 2
§ Pada Font Color, pilih warna Orange 2
§ Klik menu Format | Paragragh, pilih tab Indents & Spacing. Set
nilai Above Paragraph : 0,10”.
2. Untuk memformat harga, blok kolom harga mulai baris kedua hingga
baris terakhir (tidak termasuk header Harga).
3. Klik kanan mouse, pilih Number Format, akan tampil kotak dialog
Number Format
§ Pada Category, pilih : Currency (format untuk mata uang)
§ Pada Format, pilih : Rp Indonesian
§ Pada Option Decimal Places set nilai 2
§ Pada Options Leading Zeroes set nilai 1
§ Hilangkan checklist pada Negative numbers red
4. Klik OK, untuk menyelesaikan format harga
Bab 3 : Bullet-Nomor dan Tabel
3 - 17
Anda telah belajar mengatur format tabel anda sendiri. Untuk format tabel
otomatis, ada juga dapat menggunakan fasilitas AutoFormat dari menu
Tabel. Pada AutoFormat disediakan beberapa macam tipe format tabel yang
dapat anda pilih.
Memberi judul tabel
Tabel yang sudah anda buat belum memiliki judul. Untuk memberi judul tabel
ikuti langkah berikut.
1. Letakkan pointer disembarang sel pada tabel
2. Klik kanan mouse, pilih Caption. Akan tampil kotak dialog Caption.
§ Pada Teks Caption, ketik : Daftar Harga Produk Elektronik
§ Untuk Properties – Category, pada drop-down pilih : Table
§ Untuk Properties – Numbering, pada drop-down pilih : Roman (I
II III)
§ Untuk Properties – Separator, isi dengan titik dua (:)
§ Untuk Properties – Position, pada drop-down pilih : Above
Bold
3. Klik OK untuk menyelesaikan pemberian judul tabel.
4. Blok judul tabel,
§ ganti font dengan Nimbus Sans L , size 14
§ tekan tombol Bold
Save As
5. Simpan dokumen ini dengan nama lain dengan cara menekan tombol
Save As, klik dua kali pada folder Latihan Writer dan beri nama file
tabelModif.odt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar